20 Istilah-istilah yang harus dipahami dalam aplikasi blender

Source image : Pixabay

Blender adalah perangkat lunak 3D yang kompleks, dan untuk menggunakan aplikasi ini dengan efektif, penting untuk memahami berbagai istilah yang digunakan dalam dunia 3D dan Blender. Berikut adalah beberapa istilah penting yang harus dipahami dalam aplikasi Blender:

1. Objek (Object)

Objek adalah entitas 3D dasar seperti kubus, bola, atau objek yang lebih kompleks yang dapat Anda buat, ubah, dan animasikan dalam Blender.

2. Vertex (Verteks)

Verteks adalah titik dalam ruang 3D yang digunakan untuk membentuk objek. Objek 3D biasanya terdiri dari banyak verteks yang dihubungkan.

3. Edge (Tepi)

Edge adalah garis lurus yang menghubungkan dua verteks dalam objek 3D.

4. Face (Wajah)

Face adalah permukaan datar yang dibentuk oleh tiga atau lebih verteks yang terhubung. Faces membentuk permukaan objek.

5. Mode Edit (Edit Mode)

Ini adalah mode di mana Anda dapat mengedit struktur geometris objek, seperti menggeser, memutar, dan mengubah verteks, tepi, dan wajah.

6. Mode Object (Object Mode)

Ini adalah mode di mana Anda dapat mengedit objek sebagai keseluruhan, seperti menggerakkan, menggandakan, atau mengubah properti objek.

7. UV Mapping

Ini adalah proses mengatur koordinat tekstur pada objek 3D sehingga tekstur dapat diterapkan dengan benar.

8. Sculpting (Sculpting)

Sculpting adalah teknik untuk mengubah bentuk objek seperti tanah liat virtual menggunakan berbagai brush dan alat sculpting.

9. Rigging (Rigging)

Ini adalah proses menambahkan kerangka atau struktur tulang ke objek 3D untuk menganimasikannya dengan lebih baik.

10. Keyframe

Keyframe adalah titik-titik dalam animasi di mana Anda mengatur posisi atau atribut objek untuk membuat perubahan tertentu.

11. Render

Ini adalah proses menghasilkan gambar atau animasi dari objek 3D Anda. Blender memiliki mesin render internal, seperti Cycles dan Eevee.

12. Viewport

Ini adalah jendela di mana Anda melihat dan bekerja pada objek 3D Anda dalam lingkungan Blender.

13. Material

Material adalah pengaturan yang mendefinisikan bagaimana objek akan merespons cahaya, warna, dan tekstur. Mereka digunakan untuk memberi objek tampilan visual.

14. Texture (Tekstur)

Tekstur adalah gambar atau pola yang diterapkan ke permukaan objek untuk memberikan tampilan yang lebih realistis.

15. Node (Node)

Node adalah elemen dalam pengaturan material atau compositor yang digunakan untuk mengontrol aliran data, termasuk tekstur, warna, dan efek visual.

16. Boolean Operation

Ini adalah operasi matematika yang digunakan untuk menggabungkan, memotong, atau menggantikan objek dengan objek lain.

17. Denoising

Ini adalah proses mengurangi noise atau gangguan dalam gambar render untuk menghasilkan hasil yang lebih bersih dan lebih realistis.

18. Timeline

Ini adalah panel yang menampilkan frame-by-frame animasi dan memungkinkan Anda mengedit animasi secara kronologis.

19. Physics (Fisika)

Blender memiliki berbagai jenis fisika yang dapat diterapkan pada objek, seperti simulasi gravitasi, fluida, dan partikel.

20. Add-on

Add-on adalah ekstensi atau plugin yang dapat Anda instal untuk menambahkan fungsionalitas tambahan ke Blender.

Ini hanya beberapa istilah dasar dalam Blender. Blender memiliki ekosistem yang sangat luas dengan banyak istilah teknis yang lebih mendalam. Memahami istilah-istilah ini akan membantu Anda menjelajahi dan menggunakan Blender dengan lebih percaya diri.

Leave a Comment