Cara menggambar grafik fungsi dan mencari nilai x dan y pada suatu fungsi, contoh dan penyelesaian

Suatu fungsi biasa disebut dengan f(x) yang dimana ini juga bisa disebut y. Jadi jika terdapat suatu fungsi f(x) = -x + 3 maka bisa disebut juga y = -x + 3. Untuk mencari gambar dari grafik suatu fungsi maka kita perlu mencari terlebih dahulu berapa nilai dari x dan y. Yang dimana jika sudah diketahui nilai dari x dan y maka kita dapat membuat grafik dari kedua titik tersebut. Untuk lebih memahaminya lagi, berikut adalah contoh soal dari cara membuat grafik fungsi pada suatu fungsi.

Contoh 1:

Gambarkan grafik fungsi dari f(x) = {-x + 3, x > 1

Pertama, untuk supaya kita dapat membuat grafik fungsi dari diatas maka kita ubah terlebih dahulu menjadi seperti dibawah ini.

y = -x + 3, x > 1

Kita urai menjadi penjelasan yang bisa disebut x disini memiliki nilai lebih dari 1, nilai yang lebih dari 1 bisa kita sebut sepert 2, 3, 4, dan seterusnya.

Kita bisa ambil terlebih dahulu bahwa x memiliki nilai 2, maka kita substitusikan x menjadi angka 2, sehingga seperti dibawah ini.

y = -2 + 3

y = 1

maka sudah diketahuilah jika x-nya adalah 2, maka nilai y adalah 0. Sehingga diketahui suatu titik x dan y yaitu (2,1). Selanjutnya kita dapat membuat gambar grafik fungsinya seperti dibawah ini.

Contoh 2:

Gambarkan grafik fungsi dari f(x)= {x + 2, x ≥ 2

Untuk menyelesaikannya, disitu tertulis bahwa nilai x memiliki nilai yang lebih dari sama dengan (≥) 2, maka nilai x yaitu 2 dan lebih dari itu seperti 3. Sehingga akan kita buat seperti dibawah ini.

x = 2, maka y = 2 + 2

x = 2, maka y = 4

sehingga ditemukanlah titik (2,4)

Karena ini adalah  ≥ maka kita buat yang lebih dari 2, yaitu 3. Sehingga kita buat titik lagi dimana x memiliki nilai 3.

x = 3, maka y = 3 + 2

x = 3, maka y = 5

Sehingga ditemukanlah titik x,y yaitu (3,5).

Sekarang kita dapat membuat grafik fungsinya menjadi seperti dibawah ini.

Contoh 3:

Gambarkan grafik fungsi pada berikut ini

Untuk soal seperti diatas, maka kita harus mengurainya satu persatu seperti dibawah ini.

Kita ambil fungsi y = x + 2, x ≤ 1 terlebih dahulu. Sehingga seperti dibawah ini

y = x + 2, x ≤ -1 ,yang ini artinya x memiliki nilai sama dengan – 1 dan kurang dari negatif satu sehingga kita ambil nilai x = – 1 terlebih dahulu sepreti berikut ini.

x = – 1 maka y = – 1 + 2 = 1, sehingga diketahui suatu titik x,y adalah (-1, 1). Selanjutnya kita buat nilai x kurang dari – 1 yaitu – 2 sehingga menjadi sepereti berikut ini.

x = -2 maka y = -2 + 2 = 0, sehingga diketahui suatu titik x,y adalah (-2,0).

Selanjutnya kita cari titik x,y pada fungsi kedua yang dimana nilai x > – 1. Yang berarti nilai x lebih dari – 1 yang bisa kita gunakan seperti 0. Sehingga kita cari nilai y-nya menjadi seperti dibawah ini.

x = 0 maka y = x2 = 02 = 0. 

Sehingga diketahuilah suatu titik x,y yaitu (0,0).

Atau kita bisa tambah kembali titik baru pada fungsi y = x2 dengan x memiliki nilai 1 menjadi seperti dibawah ini.

x = 1 maka y = x2= 12 = 1 sehingga ditemukan titik x,y yaitu (1,1). Kemudian kita buat lagi titik baru dengan nilai x yaitu 2 sehingga seperti dibawah ini.

x = 2 maka y = x= 2 = 4 sehingga ditemuka titik x,y yaitu (2,4).

Selanjutnya kita bisa buat grafiknya yaitu sebagai berikut.

Nah itulah bagaimana cara mencari nilai x pada grafik fungsi dan membuat gambar grafik fungsinya. Caranya sangata mudah, kuncinya kita hanya harus mensubstitusikan nilai x pada keterangan nilai x yang tersedia. Sehingga kita bisa mencari nilai dan y secara langsung. 

Jika kamu ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment